Thursday, September 29, 2011

penggunaan seo

Apakah ada cara SEO yang cepat? sehingga sebuah website atau blog dapat dengan mudah 'dicari' melalui search engine seperti Google? saya bisa menjawab ada. Syarat utamanya hanya satu, yaitu konten atau artikel yang berkualitas. Sekali lagi saya berpendapat jika konten blog adalah tulang punggung SEO, khususnya untuk SEO Google. Banyak sekali website atau blog dengan kualitas konten dan artikel yang baik tetapi agak sulit mendapatkan trafik yang baik dari search engine, khususnya Google karena kurangnya setting SEO yang dilakukan. Banyak teman-teman saya berpendapat jika SEO hanya menambahkan meta tag saja, apalagi hanya mengandalkan meta tag keyword yang sudah tidak dipakai sebagai acuan oleh Google. Persepsi yang salah tentang SEO menjadikan website atau blog yang memiliki konten yang baik menjadi agak susah diketahui melalui search engine kecuali diketahui dari referensi sesama blogger saja.

Banyaknya pengunjung sebuah website atau blog memerlukan tidak hanya menggunakan cara membuat blog yang baik tetapi juga branding yang bagus. Branding yang baik adalah dengan memiliki kualitas konten yang baik dan mempromosikan website dan blog dengan cara yang baik juga. Salah satu media promosi website atau blog adalah melalui search engine seperti Google, oleh karena itu SEO adalah hal wajib yang harus dilakukan.

Banyak pengalaman saya bertemu para pemilik website atau blog yang memiliki konten yang baik tetapi tidak mendapatkan pengunjung dari Google. Website atau blog mereka ter-index jauh di SERP Google bahkan ada yang sama sekali tidak masuk SERP meskipun di-index oleh Google. Ketika SEO untuk Google saya sarankan untuk mereka, Alhamdulillah dalam waktu yang relatif singkat, pengunjung dari Google mulai perlahan naik.

Jika anda sudah belajar SEO dan merasa bahwa SEO adalah sulit dan rumit, anda bisa melakukan SEO kemudian, buat saja artikel-artikel atau konten yang baik, baik dari sisi kuantitas maupun kualitas. Jika dalam seminggu, 7 hari, 6 hari anda membuat artikel, gunakan 1 hari anda untuk melakukan adjustment SEO untuk artikel-artikel tadi. Ini hanya illustrasi, anda hanya memerlukan waktu relatif lebih sedikit untuk SEO dibandingkan waktu untuk membuat konten yang baik karena SEO yang terbaik adalah berasal dari konten berkualitas. Saya biasa melakukan SEO untuk Blog SEO ini sambil angin lalu. Saya biasakan menulis apa yang ada di pikiran saya terlebih dahulu sampai selesai dan mempublikasikannya. Setelah tidak ada lagi ide untuk menulis, baru saya melakukan SEO untuk artikel-artikel tadi.

Mendapatkan trafik dari search engine dengan cara SEO yang cepat, bagi saya, masih relatif lebih mudah dibandingkan 'menjaring' trafik tadi menjadi pengunjung tetap website atau blog kita. Bisa saja website atau blog kita menjadi ranking 1 di Google dan trafik yang datang menjadi signifikan tetapi bisa saja tidak ada pengunjung setia bagi website atau blog kita. Dengan begitu, branding yang kita lakukan dengan SEO tidak berhasil membuat pengunjung tersebut nyaman untuk berinteraksi lebih jauh.

Jadi, meningkatkan kualitas konten website atau blog adalah dasar untuk melakukan SEO yang cepat. Setelah berpromosi melalui search engine dengan SEO yang cepat tersebut berhasil, langkah berikutnya adalah mempertahankan pengunjung, yang datang melalui search engine tadi, menjadi 'pelanggan' website atau blog kita yang setia.

Ada cara SEO yang cepat untuk sebuah website atau blog dan cara itu adalah membuat konten blog yang unik dan berkualitas.

No comments:

Post a Comment